Mukomuko Tuntaskan Replanting Sawit di Lahan 562 Ha

 

MUKOMUKO—Pelaksanaan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pada lahan seluas 562 hektare di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ditargetkan selesai pada Mei 2020.

Lahan seluas 562 hektare tersebut milik lima kelompok tani, yakni KRP Tunas Harapan 54,15 hektare, KRP Tanera Sejahtera 103,3 hektare, KRP Wanita Usaha 134,17 hektare, KRP Sungai Batau 167,96 hektare kelompok tani di Kecamatan Kota Mukomuko seluas 103 hektare.

“Sekitar Mei tahun ini tuntas. Tinggal Kecamatan Kota Mukomuko yang masih luas lahan perkebunan kelapa sawit baik yang belum tumbang chipping maupun yang ditanami bibit sawit unggul,” kata Kasi Produksi dan Proteksi Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Muhammad Asri dalam keterangan di Mukomuko, (2/5/2020).

Ia menyebutkan, saat ini mayoritas kelompok tani di daerah ini telah melakukan penumbangan dan pencacahan atau “tumbang chipping” tanaman kelapa sawit tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua.

Sekitar 70 persen dari seluas 562 hektare lahan perkebunan kelapa sawit millik lima kelompok tani tersebut telah ditanami bibit sawit unggul. Dari lima kelompok tani itu, hanya dua kelompok yang belum selesai menanam bibit sawit unggul di lahannya.

Asri memprediksi dua kelompok tani terutama di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko ini dapat menyelesaikan semua tahapan pekerjaan mulai dari penumbangan dan pencacahan pohon kelapa sawit yang tidak produktif tersebut dalam bulan Mei tahun ini. *** (Sumber: Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *