Menuju Petani Sejahtera, TKKS Jadi Arang Briket

PEKANBARU–Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) yang merupakan limbah sawit, bisa dimanfaatkan menjadi arang briket. Bermanfaat sebagai pengganti elpiji di rumah tangga.

Sejumlah petani sawit swadaya didukung PTPN V, mendorong pemanfaatan TKKS sebagai arang briket.
Direktur Utama PTPN V, Jatmiko K Santosa dalam keterangan tertulisnya mengatakan, perseroan mengapresiasi inisiatif petani dan sejumlah pihak untuk membuat terobosan dalam pemanfaatan tandan kosong menjadi arang briket.

“Pemanfaatan tandan kosong menjadi arang briket yang dilakukan petani sawit bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk keperluan rumah tangga serta bagian dari upaya mengurangi limbah sawit. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani sawit, terutama petani plasma perusahaan,” ucap Jatmiko saat membuka acara pelatihan pembuatan arang briket yang berasal dari tandan kosong kelapa sawit, Sabtu (8/2/2020) di Kantor Pusat PTPN V, Pekanbaru.

Pelatihan ini diikuti sedikitnya 100 petani kelapa sawit dari beberapa provinsi di Sumatra.
Selama ini, pemanfaatan tandan kosong baru sebatas menjadi pupuk kompos.

Melalui pelatihan ini, petani sawit diharapkan bisa membuat arang briket yang memiliki harga jual lebih baik. Dengan demikian, petani sawit bisa mendapatkan nilai tambah yang bermanfaat, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

Informasi saja, arang briket sangat cocok digunakan sebagai pengganti gas (elpiji) untuk kebutuhan sehari-hari. Tentunya ini kabar baik di tengah rencana pemerintah bakal mengurangi jatah elpiji bersubsidi. Selain itu, arang briket sangat layak ekspor. Sebagai pengganti arang dari kayu bakau ataupun briket batubara. (Sumber mediaindonesia.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *