Jokowi Titip Pesan Sawit kepada Dubes Baru dari Uni Eropa

JAKARTA—Sejumlah Duta Besar dari negara Uni Eropa mendapat pesan khusus dari Presiden Joko Widodo saat mereka menyerahkan surat kepercayaan sebagai duta besar di Indonesia. Pesan itu adalah mengenai kelapa sawit Indonesia.

Presiden memanfaatkan acara tersebut untuk mengkapampanyekan bahwa sawit Indonesia merupakan sawit berkelanjutan yang memperhatikan kelestarian lingkungan. Sehingga, negara-negara Uni Eropa tidak layak untuk memboikot produk kelapa sawit, khususnya kelapa sawit dari Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden saat menerima Surat Kepercayaan dari 11 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Non Resident untuk RI di Istana Merdeka, Jakarta, (4/4/2019).

Para Dubes dari Uni Eropa itu merupakan perwakilan negara Rusia, Georgia, Latvia, dan Polandia. Selain itu, diterima juga Dubes dari Bahrain, Korea Selatan, Australia, Fiji, Uganda, Gambia, dan Pantai Gading.

Pemerintah saat ini tengah mengupayakan untuk melakukan pendekatan agar Uni Eropa memperlunak sikap terhadap produk kelapa sawit dari Indonesia. Sebelumnya, Parlemen Uni Eropa menegaskan pelarangan biodiesel berbahan dasar sawit. Pemerintah memandang kebijakan tersebut sebagai tindakan diskriminatif terhadap produk sawit Indonesia. *** (Artikel disarikan dari bpdp.or.id)

Tinggalkan Balasan