Jokowi Tekankan Keseriusan Pemerintah Terapkan B20

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat ini tengah giat-giatnya mengkampanyekan pengembangan Biodiesel. Mulai dari Biodiesel yang merupakan bauran 20 persen hingga Biodiesel dengan bauran 100 persen. Namun dalam waktu dekat, atau bahkan secepatnya,   Widodo ingin penggunaan Biodiesel 20 itu diterapkan untuk seluruh industri di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di pembukaan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018 di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (2/8/2018). Dalam pameran otomotif terbesar di Indonesia itu Jokowi menekankan pentingnya penerapan energy biofuel ini secepatanya.

“Saya minta bantuan semuanya untuk mendukung penuh supaya subsitusi biodiesel berjalan maksimal,” katanya.  Jokowi menyatakan dengan penerapan program Biodiesel 20 diharapkan harga sawit dunia juga akan terdongkrak naik dari harga US$ 100/ton dan Indonesia tentunya akan menghemat devisa hingga US$5,9 miliar (Rp 86,4 T dengan kurs Rp 14.400/US$).

Biofuel

Namun yang masih menjadi pertanyaan banyak pihak, apa sebenarnya biofuel itu?  Biofuel adalah energi yang terbuat dari materi hidup, biasanya tanaman. Biofuel dianggap energi terbarukan, karena mengurangi peran dari bahan bakar fosil. Energi dan telah mendapat perhatian dalam transisi ke ekonomi rendah karbon. Bioetanol, biodiesel, dan biogas adalah jenis-jenis biofuel.

Bioetanol dibuat dengan teknik fermentasi biomassa seperti umbi-umbian, jagung atau tebu. Kemudian dilanjutkan dengan destilasi. Jenis bioetanol ini dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung sebagai bahan bakar kendaraan atau mesin industri.

Biodiesel adalah minyak dari tumbuham atau hewan yang dipakai sebagai alternatif atau digabung dengan minyak solar untuk mobil dan industri bermesin diesel. Biodiesel menggunakan bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil). Selain itu bisa pula, minyak nyamplung, minya bunga matahari, minyak jarak, minyak kelapa, Palm Fatty Acid Distillate (PFAD), dan minyak ikan. Bodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa modifikasi.

, ,

Tinggalkan Balasan