IPB Pertegas Sawit Sebagai Tanaman Kehutanan

JAKARTA—Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah menyusun naskah akademik untuk menegaskan bahwa tanaman sawit merupakan tanaman kehutanan. Naskah ini diperlukan untuk menepis anggapan kelapa sawit penyebab deforestasi.

Kontan.co.id memberitakan, keberadaan naskah akademik tersebut akan menegaskan bahwa kelapa sawit bisa ditanam di kawasan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang sejalan dengan pengaturan tata ruang mikro hutan tanaman.

“Penyusunan naskah akademik ini ditujukan untuk menjaga dan mengawal perkembangan perkebunan sawit sebagai komoditas stragegis nasional dan menepis isu sawit penyebab deforestasi,” ujar Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB Yanto Santoso.

Guru Besar Kebijakan Kehutanan, Fakultas Kehutanan IPB Dodik Nurrochmat menyarankan perlu kemauan politis yang kuat dari pemerintah untuk memasukkan sawit sebagai tanaman hutan sesuai dengan kriteria FAO. Sebab, semua jenis tanaman kelapa, kecuali sawit masuk kategori FAO, sebagai tanaman hutan.

Kriteria memenuhi definisi tanaman hutan yakni mempunyai tinggi batang minimal 5 meter, memiliki tutupan kawasan 10%-20%, luasan kawasan minimal 0,5 meter dan lebar jalur di atas 20 meter. ***

Tinggalkan Balasan