Indonesia-India Sepakat Promosikan Sawit Berkelanjutan

Kalangan asosiasi produsen minyak sawit dan minyak nabati di Indonesia maupun India menyepakati promosi minyak sawit berkelanjutan yaitu ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) dan IPOS (Indian Palm Oil Sustainability Framework). Kesepakatan ini diperkuat dalam pertemuan antara Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), The Solvent Extractors’ Association India (SEA India) dan Solidaridad dalam pertemuan Rabu, (19 Desember 2018).

Pertemuan tersebut difasilitasi Kementerian Koordinasi Bidang Ekonomi melalui pertemuan lanjutan antara DMSI, SEA India dan Solidaridad untuk membahas tantangan global yang dihadapi oleh minyak kelapa sawit sebagai komoditi.

Derom Bangun, Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), mengatakan Indonesia dan India memiliki tradisi hubungan ekonomi yang telah berlangsung cukup lama, salah satunya adalah dalam hal komoditi kelapa sawit.

Musdhalifah Machmud menyebutkan hasil dari MoU kedua negara akan mempromosikan pengembangan dan penggunaan minyak sawit Indonesia dan memfasilitasi implementasi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) secara lebih luas. Tujuannya memajukan kepentingan produsen, pengolah, konsumen melalui dukungan dan aktivitas pengembangan produk, dan pasar. (Sumber: Sawit Indonesia)

Tinggalkan Balasan