China akan Turunkan Bea Masuk 700 Produk

CHINA berencana memangkas tarif impor untuk 700 produk mulai 1 Januari 2019 sebagai bagian dari kebijakan ekonomi terbuka dan memangkas biaya produsen lokal. Kebijakan ini akan berlaku bagi sejumlah produk perkebunan bahan baku minyak nabati seperti kedelai, kanola dan bunga matahari, namun tidak termasuk kelapa sawit.

Selain itu, akan dilakukan pula pengurangan bea keluar dan pengurangan sementara tarif impor hingga nol persen pada sejumlah produk.

Hal tersebut disampaikan Kementerian Keuangan dalam pernyataannya yang dipublikasikan South China Morning Post, Rabu (27/12/2018). Disebutkan bahwa perubahan tarif bisa diterapkan hingga lebih kecil dari standar Most-favoured nations (MFN), yakni standar yang menekankan perlakuan sama bagi semua negara anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Kebijakan ini merupakan yang ketiga kali dilakukan dalam tahun ini sebagai bagian dari upaya kebjakan pemerintahan Xi Jinping untuk mengurangi biaya produksi perusahaan lokal. Kebijakan ini dinilai akan menguntungkan Amerika Serikat, meskipun sejumlah produk masih harus diputuskan dalam perundingan yang masih berlangsung. *** (bpdp.or.id)

Tinggalkan Balasan